Ada 33 Kepala Dinas di Bekasi Dirotasi

Rabu, 11 Januari 2017 | 19:12
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
Ilustrasi

INDOPOS.CO.ID -  Puluhan Kepala Dinas di lingkungan Pemerintah Kota Bekasi, terkena rotasi, Rabu (11/1). Mereka dipindah untuk memenuhi  perubahan Susunan Organisasi Tata Kerja (SOTK) baru sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016.

 “Ada 33 pejabat eselon II (Kepala Dinas) dan 173 pejabat eselon III yang resmi dilantik,” kata Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi usai pelantikan para pejabat pada Rabu (11/1).

 Rahmat mengatakan, pegawai yang terpilih untuk menduduki kursi jabatan telah melalui proses pertimbangan yang sesuai dengan aturan. Selain itu, penunjukan mereka juga telah melalui mekanisme pengangkatan jabatan struktural dan memperhatikan norma evaluasi kinerja struktural selama ini.

Seluruh pejabat eselon II dan III itu langsung diambil sumpah jabatan kepada aparatur yang ditempatkan di Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) atau kelembagaan baru. Sayangnya, khusus pejabat eselon IV baru akan dievaluasi beberapa hari mendatang.

Sejumlah pejabat yang dipindah diantaranya Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kota Bekasi diisi Encu Hermana, yang sebelumnya Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata. Sedangkan Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan diisi oleh Momon Sulaeman, yang sebelumnya Staf Ahli Wali Kota Bekasi bidang Kemasyarakatan.

Selanjutnya, Aceng Solahudin yang sebelumnya Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi dilantik sebagai Kepala Dinas Pemadam Kebakaran. Lalu Tri Adhianto Tj dari Kepala Dinas Bina Marga dan Tata Air menjadi Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang.

Sementara itu, Ketua Komisi I bidang Pemerintahan DPRD Kota Bekasi Ariyanto Hendrata mengatakan, rotasi pegawai sangat mendesak karena ada aturan yang mengikat di dalamnya. Dan sekarang pihaknya sedang mempelajari dokumen para pegawai yang dirotasi dan dimutasi oleh pihak eksekutif. “Kita berharap agar eksekutif segera melantik seluruh pegawai yang dirotasi dan dimutasi. Sebab masih ada pegawai eselon IV yang belum dilantik,” jelasnya.

 Aryanto menambahkan, percepatan pelantikan kepada seluruh pegawai demi kepentingan penyerapan anggaran. Sebab bila mereka segera dilantik, para pejabat akan mengadakan rapat bersama dengan anggota legislatif di bidangnya masing-masing. “Saya berharap akhir Januari ini seluruh dinas sudah menggelar rapat dengan legislatif di bidangnya masing-masing karena untuk percepatan penyerapan anggaran,” tandasnya. (dny)
 

Editor : Syahrir Lantoni
Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%