DPRD Kab Bogor Desak Pemkab Data Ulang Pekerja Asing

Kamis, 19 Januari 2017 | 21:51
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
KECEWA: Ketua DPRD Kabupaten Bogor Ade Ruhandi. Foto: istimewa

INDOPOS.CO.ID – Tertangkapnya 30 pekerja asing asal negara China oleh petugas Imigrasi Kelas I Bogor membuat Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Ade Ruhandi kecewa. Orang nomor satu di Parlemen Kabupaten Bogor itu pun meminta seluruh perangkat terkait segera mendata kembali TKA yang bekerja di wilayah Kabupaten Bogor.

”Perlu adanya penertiban secara administrasi terkait tenaga asing, biarpun persoalan seperti ini sudah lama ada di Bumi Tegar Beriman. Saya harap ada tahapan administrasi ulang semua perusahaan baik besar maupun kecil,” ujar Ade Ruhandi saat dihubungi, Kamis (19/1).

Pria yang akrab disapa Jaro mengatakan, Bumi Tegar Beriman sebutan kabupaten Bogor tak pernah menolak kehadiran Tenaga Kerja Asing (TKA). Namun jika mereka bekerja tanpa ada izin, tentunya ini menjadi problematika kab Bogor.

”Bumi Tegar Beriman sangat terbuka bagi para investor untuk berinvestasi, dan memang harus ramah investasi karena di Kabupaten Bogor itu masih butuh lapangan pekerjaan, butuh PAD. Namun semuanya juga harus sesuai dengan aturan,” paparnya.

Dalam kondisi tersebut, Jaro mengungkapkan, pemerintah harus mengedepankan aspek perundang-undangan yang berlaku di Indonesia, agar dalam setiap perkembangan di semua ini tidak keluar dari aturan yang berlaku.

”Kalau bicara tenaga asing, tentu semua harus mengikuti aturannya. Pengadaan tenaga kerja asing itu harus jelas dan sesuai aturan. Kerja di perusahaan mana, posisinya apa, visanya apa dan apakah ada izin dari Kementerian Tenaga Kerja,” jelasnya.

Berdasarkan pemasukan pajak IMTA ke Kabupaten Bogor, jumlah TKA yang terdaftar diketahui mencapai 713 orang. Jumlah tersebut terbagi dari 224 orang TKA yang terdaftar di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, 15 orang terdaftar di instansi terkait tingkat provinsi sedangkan jumlah terbanyak terdaftar di pusat sebanyak 474 orang. (ash)

Description: https://ssl.gstatic.com/ui/v1/icons/mail/images/cleardot.gif

 

Editor : Wahyu Sakti Awan
Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%