Operasional Becakayu Berdampak Kemacetan

Rabu, 11 Oktober 2017 | 16:29
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share

INDOPOS.CO.ID - Rencana operasional tol Bekasi Cawang Kampung Melayu (Becakayu) awal bulan depan akan berdampak kepada kemacetan di bawah tol. Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bekasi memprediksi kepadatan kendaraan akan terjadi pekan pertama pengoperasian tol pada 1 November 2017 nanti.

”Kemungkinan satu pekan bakal terjadi kepadatan yang cukup parah. Karena selama ini jalur jalan itu selalu disesaki kendaraan dari arah Bekasi maupun dari arah Jakarta,” terang Kepala Dishub Kota Bekasi, Yayan Yuliana, kemarin (10/10).

Yayan menambahkan, rasio kendaraan yang melintas di wilayah Kalimalang dari kedua arah sangat tinggi. Apalagi kalau sudah memasuki jam kerja, jalan itu dipenuhi dengan kendaraan roda dua dan roda empat. ”Kemacetan pasti terjadi. Apalagi saat awal-awal pengoperasian tol Becakayu,” paparnya.

Meski begitu, kata Yayan juga, pihaknya akan mengantisipasi kepadatan itu. Salah satunya, mengalihkan kendaraan ke ruas jalan sisi Kalimalang. Sebab, jalur tersebut sudah diaspal. ”Ditambah ruas jalannya juga lebar. Kurang lebih 14 meter dan bisa dilintasi dua mobil sekaligus,” katanya lagi.

Yayan juga berkaca pada pembangunan ramp off ruas tol Becakayu yang membuahkan kemacetan baru. Diantara kemacetan itu berada di bawah jembatan ruas tol JORR, Jembatan Caman dan Simpang Kincan, Kota Bekasi.

Atas kemacetan itu, kata Yayan juga, Dishub Kota Bekasi melakukan rekayasa lalu lintas. Dimana kendaraan yang akan mengarah ke Jakarta dialihkan ke Jalan Inspeksi Kalimalang yang berada di sisi selatan. Sedang, kendaraan yang mengarah ke Bekasi akan dialihkan ke sisi jalan Caman.

Selain itu, Yayan juga mengeluhkan sampai sekarang pihaknya juga belum mendapat tembusan terkait rencana pemindahan trase pembangunan fase kedua tol Becakayu yang akan melintasi Kota Bekasi. Lantaran usulan Pemkot Bekasi kepada pemerintah pusat belum mendapat respon.

”Sampai sekarang belum ada keputusan untuk pemindahan trase proyek tahap II tol Becakayu dari Jalan Ahmad Yani ke Jalan Hasibuan,” katanya juga.

Sementara itu, Ketua Dewan Transportasi Kota Bekasi, Harun Alrasyid mengatakan jalur Kalimalang memang menjadi pilihan jalur alternatif warga Bekasi menuju Jakarta selama ini. Akibatnya, mulai dari Jalan KH Noer Ali hingga perbatasan Jakarta Timur kerap mengalami kemacetan parah.

”Pengoperasian tol Becakayu bisa mengurai kepadatan kendaraan roda empat dari Bekasi,” terangnya.

Meski begitu, kata Harun juga, pihaknya masih menelaah kepadatan yang ditimbulkan kendaraan roda dua akibat pengoperasian tol Becakayu pada awal bulan depan.

Apalagi, selama ini berdasarkan penelitiannya pemicu yang paling besar kemacetan adalah penumpukan sepeda motor. Apalagi bukan rahasia umum pengendara roda dua itu kerap tidak tertib dan main serobot. ”Kemacetan itu terjadi akibat kendaraan berhenti di setiap pertigaan,” tandasnya. (dny)

Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%