Bupati Serang Tangkap Ikan di Bendungan

Kamis, 12 Oktober 2017 | 13:05
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
SERU: Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah bersama masyarakat mencari ikan di Bendung Pamarayan, hari ini (Kamis, 12/10). Foto: Yasril ch/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID- Ribuan masyarakat dari dua kabupaten, Serang dan Lebak, tumpah ruah di Bendungan Pamarayan di Panyabrangan, Pamarayan, Serang. Mereka berebut mencari ikan setelah dibukanya pintu irigasi dalam Festival Bedolan Pamarayan, Kamis (12/10).

Menurut Kades Panyabrangan Suheri, Bedolan Pamarayan  adalah tradisi turun temurun masyarakat dalam membersihkan pintu pintu bendugan dan menangkap ikan yang ada di dalam bendungan.

Meski Bedolan Pamarayan jarang diselenggarakan dan terakhir pada 2008, sejak kepemimpinan Serang Ratu Tatu Chasanah, tradisi masyarakat  secara turun temurun yang sudah sejak zaman penjajahan Belanda itu kembali dihidupkan.

Tatu yang hadir dan ikut bersama masyarakar turun ke dalam bendungan mencari ikan.’’Tradisi Bedolan Pamarayan akan terus senantiasa dilestarikan sebagai salah satu wisata budaya yang akan dipromosikan ke masyarakat luas,” ujar Tatu.

Dijelaskan, tradisi ini bertujuan untuk memeriksa mesin bendung. Kemudian sebagai simbol dimulainya musim tanam dan air bendungan mangaliri ke areal tanaman masyarakat. Dikatakan, berbagai kegiatan disiapkan pada festival ini. Selain menarik wisatawan, juga sekaligus melestarikan budaya karena punya nilai sejarah tinggi. (yas)

Penulis : Yasril Chaniago Editor : Muhammad Izzul Mutho
Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%