Regulasi Belum Ada, Pekerja Asing Marak

Kamis, 12 Oktober 2017 | 14:08
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
Foto : Ilustrasi

INDOPOS.CO.ID - Pengamat Politik dan Kebijakan Publik, UIN Jakarta Son Haji Ujaji menegaskan TKA tidak bisa ditekan lantaran Pemkot Tangerang belum memiliki regulasi. ”Harus dievaluasi. Harus dibuat peraturan daerah atau perda terkait TKA,” terangnya.

Sebelum adanya perda, dia meminta Imigrasi Tangerang, Disdukcapil dan Dinasker setempat berperan melakukan pengawasan dan razia terhadap para TKA tersebut. Dia juga menyarankan Pemkot Tangerang menggandeng para investor Penanaman Modal Asing (PMA) maupun Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) agar wajib melibatkan pekerja lokal.

Dua anjurannya itu guna menurunkan TKA dan meningkatkan kesejahteraan tenaga kerja lokal. ”Jumlah TKA harus dibatasi maksimal 15 persen dan sisanya 85 persen pekerja lokal. Jangan sampai kita diperbudak para TKA di negeri kita sendiri,” paparnya.

Terpisah, Ketua DPRD Kota Tangerang, Suparmi menyadari belum adanya perda tentang TKA dimanfaatkan oleh pekerja asing untuk bekerja. Tapi dia berjanji akan meminta Pemkot Tangerang mengajukan draf perda soal pembatasan TKA. ”Benar sekali usulan dari pengamat dan memang kota ini belum punya aturan itu,” terangnya.

Dia mengaku akan membahas rencana pembuatan perda pembatasan TKA dengan Pemkot Tangerang. ”Kami sadar tidak adanya regulasi ini jadi azas manfaat buat para warga asing mencari keuntungan,” terangnya. (cok)

 

Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%